Senin, 02 Maret 2009

Pelajaran Surat Tilang

Semoga bermanfaat.
>
> Beberapa waktu yang lalu sekembalinya berbelanja
> kebutuhan, saya sekeluarga pulang dengan menggunakan
> taksi. Ada adegan yang menarik ketika saya menumpang
> taksi
> tersebut, yaitu ketika sopir taksi hendak ditilang
> oleh
> polisi. Sempat teringat oleh saya dialog antara
> polisi dan
> sopir taksi.
>
>
Polisi (P) : Selamat siang mas, bisa lihat Sim dan
> STNK ?
> Sopir (Sop): Baik Pak.
> P : Mas tau kesalahannya apa ?
> Sop: Gak Pak.
>
> P : Ini nomor polisinya gak seperti seharusnya
> (sambil
> nunjuk ke plat nomor taksi yang memang gak standar)
> sambil
> langsung mengeluarkan jurus sakti mengambil buku
> tilang, lalu
> menulis dengan sigap.
> Sop: Pak jangan ditilang deh. Wong plat aslinya udah
> gak
> tau ilang kemana . Kalo ada pasti saya pasang.
>
> P : Sudah saya tilang saja. Kamu tau gak banyak
> mobil
> curian sekarang ? (dengan nada keras !!)
> Sop: (Dengan nada keras juga) Kok gitu !Taksi saya
> kan
> ada STNKnya Pak. ini kan bukan mobil curian !
>
> P: Kamu itu kalo dibilangin kok ngotot (dengan nada
> lebih
> tegas). Kamu terima aja surat tilangnya (sambil
> menyodorkan surat tilang warna MERAH).
> Sop: Maaf, Pak saya gak mau yang warna MERAH
> suratnya.
> Saya mau yang warna BIRU aja.
>
> P : Hey ! (dengan nada tinggi), kamu tahu gak sudah
> 10
> hari ini form biru itu gak berlaku !
> Sop: Sejak kapan Pak form BIRU surat tilang gak
> berlaku ?
>
> P : Ini kan dalam rangka OPERASI, kamu itu gak boleh
> minta
> form BIRU. Dulu kamu bisa minta form BIRU, tapi
> sekarang
> ini kamu gak bisa. Kalo kamu gak mau, ngomong sama
> komandan saya (dengan nada keras dan ngotot)
> Sop: Baik Pak, kita ke komandan Bapak aja sekalian
> (dengan nada nantangin tuh polisi)
>
> Dalam hati saya, berani betul sopir taksi ini.
> P : (Dengan muka bingung) Kamu ini melawan petugas ?
> Sop: Siapa yang melawan ? Saya kan cuman minta form
> BIRU.
> Bapak kan yang gak mau ngasih
>
> P : Kamu jangan macam-macam yah. Saya bisa kenakan
> pasal
> melawan petugas !
> Sop: Saya gak melawan ? Kenapa Bapak bilang form
> BIRU
> udah gak berlaku ? Gini aja Pak, saya foto bapak aja
> deh.
> Kan bapak yang bilang form BIRU gak berlaku(sambil
> ngambil HP)
>
> Wah ... wah .... hebat betul nih sopir ! Berani,
> cerdas
> dan trendy. Terbukti dia mengeluarkan HPnya yang ada
> kamera.
> P : Hey ! Kamu bukan wartawan kan ? Kalo kamu foto
> saya,
> saya bisa kandangin(sambil berlalu).
> Kemudian si sopir taksi itu pun mengejar polisi itu
> dan
> sudah siap melepaskan shoot pertama (tiba-tiba
> dihalau
> oleh seorang anggota polisi lagi)
>
> P 2 : Mas, anda gak bisa foto petugas sepeti itu.
> Sop: Si Bapak itu yang bilang form BIRU gak bisa
> dikasih
> (sambil tunjuk polisi yang menilangnya)
>
> Lalu si polisi ke 2 itu menghampiri polisi yang
> menilang
> tadi. Ada pembicaraan singkat terjadi antara polisi
> yang
> menghalau si sopir dan polisi yang menilang.
> Akhirnya
> polisi yang menghalau tadi menghampiri si sopir
> taksi.
>
> P 2 : Mas, mana surat tilang yang merahnya? (sambil
> meminta)
> Sop: Gak sama saya Pak. Masih sama temen Bapak
> tuh(polisi
> ke 2 memanggil polisi yang menilang)
> P : Sini, tak kasih surat yang biru (dengan nada
> kesal)
> Lalu polisi yang nilang tadi menulis nominal denda
> sebesar
> Rp.30.600 sambil berkata : Nih kamu bayar sekarang
> ke BRI
> ! Lalu kamu ambil lagi SIM kamu disini. Saya tunggu.
> S: (Yes !!) OK Pak ! Gitu dong, kalo gini dari tadi
> kan
> enak.
>
> Kemudian si sopir taksi segera menjalankan kembali
> taksinya sambil berkata pada saya, : Pak, maaf kita
> ke ATM
> sebentar ya . Mau transfer uang tilang . Saya
> berkata :
> "Ya, silakan."
>
> Sopir taks pun langsung ke ATM sambil berkata,
> "Hatiku
> senang banget Pak, walaupun di tilang, bisa ngasih
> pelajaran berharga ke polisi itu. Untung saya paham
> macam-macam surat tilang.
>
> Tambahnya, : "Pak kalo ditilang kita berhak
> minta form
> biru, gak perlu nunggu 2 minggu untuk sidang. Jangan
> pernah pikir mau ngasih DUIT DAMAI ! Mending bayar
> mahal
> ke negara sekalian daripada buat oknum.
>
> Dari obrolan dengan sopir taksi tersebut dapat saya
> infokan ke Anda sebagai berikut :
>
> SLIP MERAH, berarti kita menyangkal kalau melanggar
> aturan
> dan mau membela diri secara hukum (ikut sidang) di
> pengadilan setempat. Itu pun di pengadilan nanti
> masih
> banyak calo, antrian panjang dan oknum pengadilan
> yang
> melakukan pungutan liar berupa pembengkakan nilai
> tilai
> tilang. Kalau kita tidak mengikuti sidang, dokumen
> tilang
> dititipkan di kejaksaan setempat.. Disini pun banyak
> calo
> dan oknum kejaksaan yang melakukan pungutan liar
> berupa
> pembengkakan nilai tilang..
>
> SLIP BIRU, berarti kita mengakui kesalahan kita dan
> bersedia membayar denda. Kita tinggal transfer dana
> via
> ATM ke nomer rekening tertentu (kalo gak salah norek
> Bank
> BUMN).
>
> Sesudah itu kita tinggal bawa bukti transfer untuk
> ditukar
> dengan SIM/STNK kita di Kapolsek terdekat di mana
> kita
> ditilang.
> You know what ? Denda yang tercantum dalam KUHP
> Pengguna
> Jalan Raya tidak melebihi 50ribu ! Dan d ana nya
> RESMI MASUK
> KE KAS NEGARA.
>

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Sebelum membaca postinganmu ini, saya pernah membaca tulisan ini..... dimana ya? :))

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. emhhh...
    posting ini sy di email oleh tmn aku, n menurut aku ini jg merupakan sebuah informasi oleh sebab itu saya terbitkan di blog aku.
    semoga bermanfaat buat anda semua yg membaca.
    thx

    BalasHapus